Minggu, 14 Maret 2010

Survey PHBS Tahun 2009


PHBS adalah upaya untuk memberikan pengalaman belajar atau menciptakan suatu kondisi bagi perorangan, keluarga, kelompok dan masyarakat dengan membuka jalur komunikasi, memberikan informasi dan melakukan edukasi , untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku, melalui pendekatan pimpinan, bina suasana dan pembrdayaan masyarakat sebagai satu uaya untuk membantu masyarakat mengenali dan mengatasi masalahnya sendiri, dalam tatanan rumah tangga, sekolah, institusi kesehatan, tempat-tempat umum dan tempat kerja.

Survey PHBS dilaksanakan setiap tahun, dan untuk tahun 2009 survey dilaksanakan di 5 tatanan di 9 Kecamatan (Kandangan, Padang Batung, Telaga Langsat, Sungai Raya, Simpur, Kalumpang, Daha Selatan, Daha Utara dan Daha Barat. Total sampel berjumlah 3790 rumah, 41 buah sekolah, 36 buah institusi kesehatan , 72 buah tempat-tempat umum. dan 25 buah tempat kerja. Hasilnya sebagai berikut :
1. Tatanan Rumah tangga : cakupan rumah tangga sehat, 26,88%. Hasil ini lebih rendah dibanding hasil survey tahun 2008 sebesar 32,11%, namun 3 masalah utama masih tetap sama yakni merokok di dalam rumah, ASI eksklusif dan jamban sehat.
2. Tatanan Sekolah : hasil survey menunjukkah Sekolah yang sehat hanya 29,27% . Masalah utama adalah merokok di lingkungan sekolah yang dilakukan oleh para guru, dan tidak dilakukannya penimbangan dan pengukuran tinggi badan siswa setiap 6 bulan. Masalah lain di sekolah yang juga perlu mendapat perhatian adalah kebiasaan cuci tangan pakai air bersih dan sabuh yang hanya 51%.
3. Tatanan tempat Kerja : dari 25 lokasi yang disurvey hanya 4 (6%) tempat kerja yang memenuhi semua indikator tempat kerja sehat . Hal ini cukup memprihantinkan. Masalah utama adalah merokok di tempat kerja, dan tidak menggunakan APP.
4. Tatanan Tempat-tempat Umum : sasaran TTU yang disurvey sebagian besar adalah tempat ibadah, hasilnya hanya 33% TTU sehat. Masalah dominan adalah TTU tidak memiliki jamban yang sehat.
5. Tatanan Institusi Kesehatan : Cakupan Institusi sehat hasil survey sebesar 83%. SAsaran yang tidak sehat terutama pada indikator merokok. Masih ada petugas maupun pasien yang merokok saaat berada di Puskesmas/pustu/poskesdes.

Hasil survey akan menjadi landasan perencanaan promosi kesehatan ke depan. Masalah PHBS yang ditemukan di 5 tatanan sekaligus menjadi cermin berhasil atau tidaknya berbagai kegiatan promosi kesehatan yang selama ini telah dilakukan. Perlu pemikiran, terobosan, teknik dan kerja keras semua pihak tidak hanya sektor kesehatan agar bisa mencapai terget Rumah tangga sehat 80% tahun 2015






Tidak ada komentar:

Posting Komentar