Selasa, 01 Desember 2009

Hari AIDS Sedunia 1 Desember 2009

Tanggal 1 Desember dinyatakan sebagai Hari AIDS Sedunia, tema peringatan tahun ini adalah Akses Universal dan Hak Asasi Manusia. Jumlah penderita AIDS di Indonesia makin lama, makin memprihatinkan, hingga periode Nopember 2009, tercatat ODHA (Orang Hidup dengan HIV AIDS) sekitar 298.000 orang (8,15 per 100.000 penduduk).
Provinsi dengan kasus HIV tertinggi adalah Papua, Bali, DKI Jakarta, Kep.Riau dan Kalimantan Barat. Di Kal-Sel sejak 2002 hingga sekarang tercatat 110 penderita HIV dan 32 kasus AIDS, tersebar di tujuh kabupaten/kota. Ini merupakan ancaman terselubung yang harus menjadi perhatian semua pihak.

Epidemi HIV telah berkembang sangat pesat di seluruh dunia. Menurut estimasi setiap hari ada 7.400 kasus baru, atau 5 orang per menit, dimana 96% kasusnya terjadi di negara berkembang.

Penularan penyakit ini mayoritas karena perilaku seperti ; heteroseksual (49,7%), penggunaan narkoba suntik(40,7%), homoseksual (3,4%).

Tindakan penyuluhan dan pencegahan sangat diperlukan agar penyebaran kasus ini tidak semakin meluas. Penggunaan kondom, sterilisasi jarum secara benar dilakalangna pengguna narkoba suntik, pemakaian antiretroviral yang benar untuk ibu hamil agar tidak menularkan penyakit HIV kepada bayinya. Penyuluhan kepada generasi muda dan masyarakat luas. Serta dukungan moral kepada penderita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar